Home » cara mengatasi maag » Cara Mencegah dan Mengatasi Penyakit Maag

Cara Mencegah dan Mengatasi Penyakit Maag

Cara Mencegah dan Mengatasi Penyakit Maag

NutriNext kapsul Herbal
https://www.nutrinextkapsul.com/
Jika penyakit maag sudah menyerang kita maka efek yang akan dialami adalah sering muntah agak asam, suhu badan naik, muka pucat, nafsu makan berkurang, jika perut kosong akan terasa sakit, pedih, dan sesak pada bagian atas, sakit pada bagian ulu hati hingga kadang-kadang membuat terbangun di tengah malam, buang hajat tidak teratur, terkadang sembelit atau bahkan mencret. Jika hal-hal tersebut terjadi, maka patut untuk curiga pada kondisi lambung kita.

Pada keadaan sakit maag terdapat borok-borok pada mukosa lambung. Borok tersebut terjadi akibat ketidak seimbangan sekresi asam lambung-pepsin dan mukus (produk kelenjar pada mukosa lambung yang berfungsi sebagai benteng bagi lapisan mukosa lambung). Karena lambung terletak di rongga perut bagian atas agak ke kiri (ulu hati), maka penderita biasanya mengeluh sakit di bagian tersebut.

Biang dari penyakit ini adalah zat yang dapat menginhibisi sekresi asam lambung. Misalnya histamin dan antiinflamasi nonsteroid. Kerja berat, pikiran tegang, tidak tenang, atau kurang tidur juga dapat menyebabkan kadar asam lambung yang tinggi. Sering terlambat makan, kebiasaan minum obat yang bersifat asam saat perut kosong, minum minuman beralkohol, dan mengisap rokok berlebihan juga dapat menjadi penyebab penyakit ini. Demikian pula dengan infeksi bakteri Helicobacter pylory yang dapat menyerbu lapisan submukosa lambung.

Agar terhindar dari penyakit maag maka cara pencegahannya sebaiknya diketahui. Berikut beberapa cara untuk mencegah penyakit maag:
=>Mengonsumsi Susu Kedelai
Menurut penelitian yang sudah dilakukan, ada banyak kandungan serat di dalam susu kedelai dan terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung, radang pada saluran pencernaan dan juga mencegah penyakit maag kambuh.
=>Jauhi Stres
Stres memang menjadi sumber dari segala macam penyakit termasuk sakit maag. Usahakan selalu berpikir positif dan jauhkan stres sehingga sakit maag ini bisa dicegah dan tidak kambuh kembali.
=>Menghindari Rokok
Asap yang masuk ke dalam tubuh akibat merokok ini juga dapat meningkatkan produksi asam lambung dan jika ada luka pada lambung juga akan sangat sulit untuk disembuhkan. Langkah terbaik adalah jauhi merokok dan mulai berhenti menghisap zat nikotin ini sekarang juga.
=>Hindari Makan Berlemak dan Berminyak
Makanan berlemak dan berminyak juga harus dihindari karena kedua jenis makanan ini akan sulit dicerna dalam lambung sehingga makanan akan tertinggal lebih lama pada lambung yang akhirnya akan meningkatkan tekanan lalu membuat LES menjadi lemas dan asam lambung akhirnya naik ke kerongkongan.
=>Minum Air Putih Dengan Teratur
Minum air putih secara teratur tidak hanya menyehatkan tubuh dan mencegah bahaya dehidrasi, namun juga bisa mencegah maag kambuh. Berbagai racun dalam tubuh akan dinetralkan kembali seperti bakteri yang ada pada lambung. Air putih ini kemudian juga akan membuang berbagai bakteri ini bersama dengan air seni sehingga maag tidak kambuh kembali.
=>Porsi Makanan Cukup
Penyebab dari maag kambuh salah satunya adalah karena pola makan yang tidak teratur, oleh karena itu jangan menunda jam makan anda dan konsumsi porsi yang cukup saat makan, dalam arti tidak terlalu berlebihan dan tidak terlalu sedikit.
=>Konsumsi Makanan Lembut
Cara mudah untuk menghindari kambuhnya maag adalah dengan memilih asupan yang anda makan. Pilih jenis makanan yang mudah dicerna oleh lambung seperti pisang, bubur, brokoli dan wortel. Jika makanan yang anda konsumsi terlalu padat, maka kerja lambung semakin berat dan membuat lambung bekerja dengan ekstra.
=>Konsumsi Kunyit
Salah satu jenis rempah yakni kunyit tidak hanya digunakan untuk bumbu masakan saja, namun kunyit juga memiliki kandungan kurkumin yang sangat baik untuk mencegah dan menyembuhkan sakit maag yang kambuh. Caranya dengan memarut sedikit kunyit segar lalu minum air sari kunyit secara rutin sehingga anda bisa terbebas dari maag kambuh.
=>Pisang Raja
Sebenarnya semua jenis pisang sangat baik untuk menjaga kesehatan lambung, akan tetapi pisang raja mempunyai kandungan pektin yang baik dalam melindungi selaput lendir dalam lambung secara alami. Konsumsi pisang raja secara teratur sehingga lambung senantiasa terlindungi dari naiknya asam yang menyebabkan sakit maag timbul.
=>Lidah Buaya
Khasiat lidah buaya bagi kulit dan dalam merawat kesehatan rambut sangat luar biasa, lendir pada lidah buaya juga terbukti ampuh menjadi bahan alami untuk menghindari timbulnya sakit maag. Caranya adalah dengan merebus daging lidah buaya yang mengandung lendir lalu dinginkan dan minum airnya secara rutin.
=>Kacang Hijau
Sakit maag juga bisa dihindari dengan rajin mengkonsumsi olahan dari kacang hijau. Kandungan yang terdapat dalam kacang hijau ini akan bekerja melindungi lambung sehingga bisa terhindar dari sakit maag. Caranya adalah dengan mengolah kacang hijau menjadi bubur atau dibuat jus sebagai minuman sari kacang hijau.
=>Temulawak
Seperti halnya kunyit, temulawak juga merupakan rempah yang bagus untuk mencegah penyakit maag. Caranya adalah dengan mengiris temulawak lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja dan minum air rebusan temulawak ini untuk mencegah penyakit maag datang kembali.
=>Konsumsi Susu Kambing
Susu kambing tidak memiliki kandungan protein tinggi seperti yang terkandung dalam susu sapi, sehingga sangat baik dikonsumsi yang akan membuat kesehatan lambung selalu terjaga dengan baik. Dengan minum segelas susu kambing secara teratur setiap hari, maka anda akan terhindar dari kambuhnya sakit maag yang sangat mengganggu tersebut.
=>Alpukat
Dalam buah alpukat mengandung banyak nutrisi seperti vitamin D, vitamin A, vitamin B dan vitamin E yang sangat baik dalam pencegahan sakit maag.  Minumlah jus alpukat murni tanpa tambahan gula secara rutin yang akan membuat anda terbebas dari sakit maag.
=>Hindari Aspirin
Hindari kebiasaan mengkonsumsi aspirin atau ibuprofen terlalu sering, sebab kedua obat-obatan ini menjadi salah satu penyebab timbulnya sakit maag. Akan lebih baik anda mengkonsumsi bahan-bahan alami saat anda mengalami pusing atau sakit kepala sehingga sakit maag tidak akan kambuh dan bisa dicegah.
=>Membiasakan Posisi Baik Saat Makan
Saat makan, biasakan untuk duduk dengan posisi yang tegak sehingga makanan yang sudah masuk ke dalam lambung dan dialirkan ke dalam usus besar tidak kembali ke esofagus yang menyebabkan rasa nyeri lambung dan sakit maag. Dengan menerapkan posisi duduk baik saat makan ini, maka anda akan terhindar dari kambuhnya maag.
=>Bawang Putih
Aroma bawang putih yang sangat menyengat ini memang tidak sedap jika dikonsumsi secara langsung. Namun, kandungan yang terdapat dalam bawang putih ini bisa anda gunakan untuk selalu menjaga lambung dalam kondisi yang baik. Anda bisa memarut beberapa bawang putih yang kemudian dicampur dengan 1 gelas air hangat dan meminumnya sehingga penyakit maag bisa dicegah.
=>Madu
Madu yang merupakan salah satu herbal alami juga akan menjaga agar maag tidak kambuh kembali dan ini sudah terbukti secara klinis. Tidak hanya bisa mencegah, namun madu juga akan menyembuhkan luka-luka pada lambung saat maag ini sedang kambuh. Berbagai bakteri jahat lambung akan selalu dibasmi dengan cara minum beberapa sendok madu setiap harinya.
=>Kurangi Makanan Pedas dan Bersantan
Makanan yang pedas, mengandung santan dan terlalu panas juga bisa membuat sakit maag kambuh dan perlu dihindari oleh penderita maag sehingga resiko dari asam lambung naik bisa dihindari dengan sempurna.
=>Labu Kuning
Mengkonsumsi labu kuning sesering mungkin juga akan menjaga lambung agar bisa tetap bekerja dengan baik dan mencegah naiknya asam lambung. Caranya adalah dengan mengkonsumsi beberapa potong labu kuning yang sudah direbus secara rutin setiap hari.
=>Hindari Makanan Mengandung Gas
Beberapa makanan yang mengandung gas seperti nangka, singkong, kol, sawi, durian serta berbagai buah yang dikeringkan juga harus dihindari penderita maag, sebab beberapa makanan ini memiliki kandungan gas yang akan membuat sakit maag kambuh secara cepat.
=>Kunyah Makanan Dengan Baik
Saat sedang makan, kunyah makanan dengan baik sekitar 32 kali sehingga makanan bisa lebih lembut dan akan mudah dicerna dalam lambung. Ini akan membuat kerja maag menjadi lebih ringan sehingga timbulnya sakit maag bisa dicegah.
=>Kunyah Permen Karet
Mengunyah permen karet juga merupakan salah satu cara tepat untuk mencegah penyakit maag timbul, sebab permen karet akan membantu proses produksi air liur semakin banyak yang berguna untuk membuat asam lambung netral kembali.
=>Menghindari Minuman Penyebab Sakit Maag
Ada beberapa minuman yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag. Demi lambung yang sehat, sangat dianjurkan menghindari konsumsi:

  • Minuman berkafein, contoh: kopi dan teh.
  • Minuman berkarbonasi.
  • Minuman beralkohol
  • Istirahat Cukup

Stres yang berlebihan sangat berbahaya sebab bisa memicu terjadinya maag. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk tidur cukup setidaknya 8 jam perhati supaya sakit maag ini bisa dihindari.
cara mencegah maag,cara mencegah maag kronis,cara mencegah maag kumat,cara mencegah maag kambuh lagi,cara mencegah maag agar tidak kambuh,cara mencegah maag saat puasa,cara mencegah maag akut,cara mencegah maag secara alami,cara mengatasi maag,cara mengobati maag secara alami,cara mengobati maag kronis,cara mengatasi maag kambuh,cara mengatasi maag akut,cara mengatasi maag dengan cepat,cara mengatasi maag tanpa obat,cara mengobati maag dengan kunyit,cara mengobati maag dengan tepung kanji,cara mengatasi maag saat hamil,cara mengobati maag kronis dengan kunyit,cara mengatasi maag yang kambuh,cara mengobati maag anak,cara mengatasi maag akut tanpa obat,cara mengobati maag akut secara herbal,cara mengatasi maag akibat stress,cara mengobati maag akut,cara mengatasi maag akut secara tradisional,cara mengatasi maag akut yang kambuh,cara mengatasi maag alami,cara mengatasi maag akut secara alami,cara mengobati maag agar tidak kambuh lagi,cara mengobati maag asam lambung,cara mengatasi maag akut saat hamil,cara mengobati maag atau asam lambung,cara mengobati maag angin,cara mengatasi maag agar tidak kambuh,cara mengatasi maag atau asam lambung,cara mengatasi maag asam lambung,cara mengatasi maag bagi ibu hamil,cara mengatasi maag buat ibu hamil,cara mengatasi maag berat,cara mengobati maag bagi ibu hamil,cara mengobati maag dengan bahan alami,cara mengobati maag dengan bawang putih,cara mengatasi maag pada bumil,cara mengatasi maag saat berpuasa,cara mengobati maag dengan bengkoang,cara mengatasi maag pada balita,cara mengatasi maag di bulan puasa,cara mengatasi maag saat bulan puasa,cara mengatasi maag dengan buah,cara mengobati maag dengan biji alpukat,cara mengobati maag dengan binahong,cara mengatasi sakit maag bagi ibu hamil,cara mengatasi maag pd bumil,bagaimana cara mencegah maag,cara mengatasi maag cepat,cara mengobati maag secara cepat,cara mengobati maag agar cepat sembuh,cara mengatasi penyakit maag.com,cara mengobati maag dengan cacing tanah,cara mengobati maag dengan madu,cara mengobati maag dengan jeruk nipis,cara mengobati maag dengan lemon,cara mengobati maag dengan alami,cara mengobati maag dengan lidah buaya,cara mengatasi maag dengan alami,cara mengobati maag dengan temulawak,cara mengobati maag dengan singkong,cara mengobati maag dengan obat tradisional,cara mengobati maag dengan herbal,cara mengobati maag dengan daun jambu biji,cara mengatasi maag dengan lemon,cara mengobati maag dengan kunyit putih,cara mengobati maag dengan jeruk lemon,cara mengobati maag dengan daun sirsak,cara mengobati maag fungsional,cara mencegah gejala maag,cara mengobati maag gerd,cara mengatasi gejala maag,cara mengatasi gangguan maag,cara mengatasi gejala maag kronis,cara mengobati maag dengan gambir,cara mengatasi maag dan gangguan keseimbangan,cara mengatasi maag pada hamil muda,cara mengatasi maag selama hamil,cara mengobati maag herbal,cara mengobati maag saat hamil muda,cara mengobati maag secara herbal,cara mengatasi maag saat hamil tua,cara mengatasi maag ibu hamil,cara mengatasi maag dengan herbal,cara mengatasi maag ketika hamil,cara mengatasi maag di saat hamil,cara mengobati maag ketika hamil,cara mengobati sakit maag herbal,cara mengatasi maag dengan herbalife,cara mengatasi maag pada ibu hamil,cara mengatasi maag pada ibu hamil muda,cara mengobati maag untuk ibu hamil,cara mengobati maag menurut islam,cara mengobati maag secara islam,cara mengatasi maag pd ibu hamil,cara mengatasi sakit maag ibu hamil,cara mengatasi maag pada ibu menyusui,cara mengobati maag secara islami,cara mengatasi maag ibu menyusui,cara mengobati maag ibu hamil,cara mengobati maag dalam islam,cara mengobati maag pd ibu hamil,cara mengobati maag pada ibu menyusui,cara mengatasi maag pada ibu hamil tua,cara mengatasi jika maag kambuh,cara mengatasi maag dengan jeruk nipis,cara mengobati maag dg jeruk nipis,cara mengobati maag dengan jahe,cara mengobati maag dengan jeruk,cara mencegah maag kambuh,cara mengobati maag ketika kambuh,cara mengatasi maag kambuh tanpa obat,cara mengobati maag kronis secara tradisional,cara mengobati maag kronis dengan tumbuhan,cara mengatasi maag kambuh saat hamil,cara mengatasi maag kambuh saat puasa,cara mengatasi maag kumat,cara mengobati maag kronis dengan madu,cara mengatasi maag ketika kambuh,cara mengatasi maag kembung,cara mencegah kambuhnya maag,cara mengatasi maag ketika puasa,cara mengobati maag kronis dengan obat tradisional,cara mengobati maag kronis dengan temulawak,cara mengatasi maag lambung,cara mengobati maag lambung,cara mengobati sakit maag/lambung,cara mengobati maag dan lambung,cara mengobati penyakit maag lambung,cara mengatasi maag dengan lidah buaya,cara mengatasi maag dan lambung,cara mengobati maag atau lambung,cara mengobati maag dgn lidah buaya,cara mengatasi sakit maag lambung,cara mencegah penyakit maag kambuh lagi,cara mengatasi maag mendadak,cara mengatasi maag mual,cara mengobati maag mendadak,cara mengobati maag mual,cara mengatasi maag muntah,cara mengatasi masalah maag,cara mengatasi maag tanpa minum obat,cara mengatasi maag di malam hari,cara mengobati sakit maag mendadak,cara mengatasi maag dan mual,cara mengatasi maag kambuh mendadak,cara mengobati maag dengan mengkudu,cara mengobati penyakit maag menurut islam,cara mengobati maag secara medis,cara mengatasi maag tengah malam,cara mengobati sakit maag menggunakan kunyit,cara mengobati maag pakai madu,cara mengobati maag.net,cara mengatasi nyeri maag,cara mengobati nyeri maag,cara mengobati obat maag,cara mengatasi obat maag,cara mengobati maag dengan obat herbal,cara mengatasi maag dengan obat tradisional,cara mengatasi maag dengan obat alami,cara mengatasi maag pada orang hamil,cara mengatasi maag dan obatnya,cara mengatasi penyakit maag yang kronis,cara mencegah penyakit maag,cara mengatasi maag pada anak,cara mengobati maag pada anak,cara mencegah penyakit maag kambuh,cara mengobati maag parah,cara mengatasi maag pada saat hamil,cara mengatasi maag perut kembung,cara mengatasi maag parah,cara mencegah penyakit maag kronis,cara mengobati maag paling ampuh,cara mengobati maag pada saat hamil,cara mengatasi maag pada saat puasa,cara mengatasi maag perih,cara mengatasi maag,cara mengatasi maag kambuh,cara mengatasi maag akut,cara mengatasi maag saat hamil,cara mengatasi maag tanpa obat,cara mengatasi maag secara alami,cara mengatasi maag alami,cara mengatasi maag mendadak,cara mengatasi maag pada anak,cara mengatasi maag akibat stress,cara mengatasi maag tiba tiba,cara mengatasi maag di malam hari,cara mengatasi maag saat hamil muda,cara mengatasi maag akut secara tradisional,cara mengatasi maag akut yang kambuh,cara mengatasi maag akut secara alami,cara mengatasi maag akut saat hamil,cara mengatasi maag agar tidak kambuh,cara mengatasi maag atau asam lambung,cara mengatasi maag asam lambung,cara mengatasi maag agar tidak kambuh lagi,cara mengatasi maag akut kronis,cara mengatasi maag agar tidak sakit,cara mengatasi maag agar tdk kambuh,cara mengatasi maag ampuh,cara mengatasi maag paling ampuh,cara alami mengatasi maag pada ibu hamil,cara mengatasi maag dengan alami,cara cepat mengatasi maag akut,cara mengatasi maag brainly,cara mengatasi maag bagi ibu hamil,cara mengatasi maag buat ibu hamil,cara mengatasi maag berat,cara mengatasi perut buncit karena maag,cara mengatasi maag pada bumil,cara mengatasi maag saat berpuasa,cara mengatasi maag pada balita,cara mengatasi maag di bulan puasa,cara mengatasi maag dengan bahan alami,cara mengatasi maag saat bulan puasa,cara mengatasi maag dengan buah,cara mengatasi sakit maag bagi ibu hamil,cara mengatasi maag pd bumil,cara mengatasi maag dengan lidah buaya,bagaimana cara mengatasi maag,cara mengatasi sakit maag saat berpuasa,bagaimana cara mengatasi maag kronis,cara mengatasi sakit maag di bulan puasa,bagaimana cara mengatasi maag pada ibu hamil,cara mengatasi maag cepat,cara mengatasi penyakit maag secara cepat,cara mengatasi maag dengan cepat,cara mengatasi penyakit maag.com,cara cepat mengatasi maag kambuh,cara mengatasi penyakit maag dengan cepat,cara cepat mengatasi maag yang kambuh,cara cepat mengatasi maag kronis,cara mengatasi maag dengan cara alami,cara cepat mengatasi maag saat kambuh,cara mengatasi maag dengan cara tradisional,cara mengatasi maag yang cepat,cara mengatasi maag kronis dengan cepat,cara cepat mengatasi maag secara alami,cara mengatasi maag dan kembung,cara mengobati maag dengan kunyit,cara mengatasi maag dengan lemon,cara mengatasi maag dengan herbal,cara mengatasi maag di saat hamil,cara mengatasi maag dan diare,cara mengatasi maag darurat,cara mengatasi maag dalam keadaan darurat,cara mengatasi maag di pagi hari,cara mengatasi maag dengan madu,cara mengatasi maag dan lambung,cara mengatasi maag dengan obat tradisional,cara mengatasi maag dengan alpukat,cara efektif mengatasi maag,cara efektif mengatasi sakit maag,cara mengatasi gejala maag,cara mengatasi gangguan maag,cara mengatasi gejala maag kronis,cara mengatasi maag dan gangguan keseimbangan,cara alami mengatasi gejala maag,gimana cara mengatasi maag,cara mengatasi gejala penyakit maag,gimana cara mengatasi sakit maag,penyebab gejala dan cara mengatasi maag,gimana cara mengatasi penyakit maag,cara mengatasi maag pada hamil muda,cara mengatasi maag selama hamil,cara mengatasi maag saat hamil tua,cara mengatasi maag ibu hamil,cara mengatasi maag ketika hamil,cara mengatasi maag dengan herbalife,cara mengatasi maag pada ibu hamil muda,cara mengatasi maag pada saat hamil,cara mengatasi maag pd ibu hamil,cara mengatasi maag pada wanita hamil,cara mengatasi maag pada orang hamil,cara mengatasi maag kronis saat hamil

0 Responses to “Cara Mencegah dan Mengatasi Penyakit Maag”

Posting Komentar